Ancaman di Bidang Ekonomi yang Patut Diwaspadai oleh Kita Semua

- 3 Juni 2022, 23:27 WIB
ancaman di bidang ekonomi
ancaman di bidang ekonomi /Pixabay/

Masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari, lantaran melakukan berbagai kegiatan ekonomi. Namun, tentu kegiatan ekonomi tidak semulus jalan tol. Pasti ada saja ancaman di bidang ekonomi yang mempengaruhi seseorang dalam setiap kegiatan yang dilakukannya. 

Jika berjalan tanpa adanya perbaikan, ancaman yang datang bisa saja mempengaruhi kestabilan ekonomi dari suatu negara. Maka dari itu, Indonesia selalu berupaya menerapkan beragam kebijakan serta peraturan yang dilakukan untuk mengatasi berbagai ancaman ekonomi yang ada. 

Saat beragam ancaman tidak dapat diatasi dengan baik, bukan hanya ekonomi saja yang terancam. Keberlangsungan hidup dan kesejahteraan dari warga Indonesia, bisa jadi ikut terancam. 

Nah, bagi kamu yang penasaran dengan apa saja ancaman di bidang ekonomi, kami sudah merangkumnya dari beberapa sumber dan menjelaskannya agar lebih gampang dipahami. Berikut ini penjelasannya. 

Ancaman di Bidang Ekonomi

Terdapat sejumlah ancaman di bidang ekonomi yang pernah melanda Indonesia. Terjadinya ancaman ini, mengakibatkan berbagai masalah serius, yakni krismon atau krisis moneter. 

Indonesia sendiri, pernah mengalaminya pada tahun 1998. Sebenarnya, tak hanya Indonesia. Melainkan terjadi pada beberapa negara di Asia Tenggara sejak tahun 1996. Selain itu, tahun 2020 juga terjadi lantaran adanya pandemi yang melanda. 

Krisis moneter tahun 1998, dapat dilihat ketika sistem perbankan di Indonesia mengalami kejatuhan lantaran banyak kredit yang macet. Apalagi, pada tahun tersebut ada banyak perusahaan yang kolaps. 

Nah, bangkrutnya banyak perusahaan, ternyata punya dampak lanjutan, yakni kerusuhan besar. Pasti kamu yang di Indonesia, akrab dengan kerusuhan tahun 1998 di mana banyak toko-toko atau tempat-tempat yang dijarah oleh banyak orang. 

Tapi, Indonesia masih bisa bertahan dan keluar dari krisis itu. Walaupun sudah keluar, ancaman tentu ada kapanpun. Misalnya saja, tahun 2020 yang lalu. Lantaran terjadinya pandemi, ada banyak perusahaan yang jatuh, masyarakat kena banyak PHK, usaha jadi morat-marit, dan bahkan Indonesia mengalami resesi. 

Halaman:

Editor: Reskia Ekasari


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x