Apa Saja Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan? Cari Tahu Sini

- 9 Juni 2022, 22:10 WIB
apa saja kegiatan ekonomi di kabupaten tabanan
apa saja kegiatan ekonomi di kabupaten tabanan /Husni Habib/Pixabay

BENGKULU TENGAH - Kegiatan ekonomi di sebuah kabupaten meliputi banyak sektor. Seperti sektor pariwisata, pertanian dan masih banyak lagi sektor lainnya. Tak terkecuali di Kabupaten Tabanan yang memiliki luas area persawahan hampir sepertiga dari luas wilayahnya. Lalu apa saja kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan? Sabar, nanti kami bahas.

Kabupaten Tabanan merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Bali. Kabupaten Tabanan terdiri atas 10 Kecamatan di antaranya Kecamatan Kediri, Kerambitan, Baturiti, Marga, Pupuan, Selemadeg, Selemadeg Timur, Selemadeg Barat. Selain itu juga ada dua kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Penebel dan Kecamatan Tabanan. 

Di setiap kecamatan yang tersebar di Kabupaten Tabanan tersebut tentunya tidak luput dari beragam kegiatan ekonomi. Selain sektor pertanian, apa saja kegiatan ekonomi di Kabupaten Tabanan? Nah, berikut kami telah merangkumnya.

Apa Saja Kegiatan Ekonomi di Kabupaten Tabanan?

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa kegiatan ekonomi merupakan unsur penting berdirinya sebuah wilayah, karena itu kegiatan ekonomi di suatu wilayah harus berjalan baik. 

Ada 3 jenis kegiatan ekonomi yang biasa kita jumpai. Berikut jenis beserta contoh kegiatan ekonomi yang ada di Kabupaten Tabanan

1. Produksi

Kamu mungkin tidak asing dengan kata produksi. Produksi merupakan suatu kegiatan yang menghasilkan barang atau jasa. Dalam artian setiap kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa dapat dikatakan sebagai produksi.

Produksi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para konsumen atau pembeli baik berupa barang atau jasa. Selain itu, produksi juga bertujuan untuk mencari keuntungan dari barang dan jasa yang dihasilkan. Produsen dapat berupa pabrik atau home industri tergantung jumlah barang atau jasa yang diproduksi.

Produksi yang dihasilkan Kabupaten Tabanan sangat beragam, diantaranya:

  • Menghasilkan berbagai komoditas pertanian seperti padi dan sayuran. Persawahan banyak ditemukan hampir di semua kecamatan sementara untuk sayuran dapat dengan mudah ditemukan di daerah dataran tinggi yaitu Kecamatan Baturiti.
  • Menghasilkan komoditas peternakan seperti ayam petelur dan pedaging yang kebanyakan berasal dari Kecamatan Penebel.
  • Menghasilkan berbagai jenis kerajinan seperti anyaman bambu dan jenis kerajinan berbahan dasar gerabah, keramik, logam dan perak. Industri kerajinan ini dapat mudah kamu temukan di Kecamatan Kediri.
  • Menghasilkan berbagai hasil laut karena sebagian wilayah di Tabanan juga memiliki potensi kelautan.

Selain itu, karena ragam wisata yang ada di Kabupaten Tabanan, membuat kabupaten ini menjadi salah satu kabupaten yang banyak dikunjungi wisatawan. Jadi, banyak juga warga sekitar tempat wisata yang memanfaatkan hal tersebut, dengan membuka usaha restoran, penginapan serta jasa penyewaan kendaraan.

Halaman:

Editor: Reskia Ekasari


Tags

Terkait

Terkini