Pihak yang Paling Berperan dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia? Simak Jawabannya

- 2 Agustus 2022, 19:00 WIB
ilustrasi ekonomi digital
ilustrasi ekonomi digital /rawpixel

BENGKULU TENGAH - Tahukah Anda bahwa meningkatkan perekonomian nasional akan berdampak sangat luas? Maka dari itu, semua pihak yang paling berperan dalam meningkatkan perekonomian Indonesia harus turut maksimal dalam menanggapi hal tersebut.

Sebenarnya Siapa Saja Pihak yang Paling Berperan dalam Meningkatkan Perekonomian Indonesia?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi meningkatkan perekonomian Indonesia, salah satu hal yang bisa Anda lakukan yaitu dengan berkontribusi. Kontribusi sederhana seperti meningkatkan kualitas diri, mengelola sumber daya alam yang ada dengan sangat baik.

Sekaligus mengembangkan inovasi dalam bidang usaha, menjaga dan memelihara sarana prasarana negara. Dari kontribusi-kontribusi itu saja sudah dapat terlihat, siapa-siapa saja pihak yang mempunyai peran dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. 

 

Berikut beberapa pihak yang mempunyai peran penting dalam meningkatkan perekonomian Indonesia, selain dari sisi rakyat itu sendiri.

1. Pemerintah

Pihak pertama yang mempunyai peran besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia yaitu pemerintah. Semua hal akan ditopang oleh pemerintah untuk bisa berjalan sebagaimana mestinya. 

Sehingga, sudah jelas bahwa pemerintah mempunyai peran yang lebih banyak dan luas untuk mewujudkan hal ini, perannya bisa menjadi produsen, konsumen sekaligus regulator. Peran produsen akan terlihat dari berbagai macam fasilitas yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Selanjutnya peran konsumen yang bertugas untuk membelanjakan kebutuhan negara, hal ini juga digunakan untuk meningkatkan perekonomian Indonesia. Ditambah pemerintahlah yang membuat segenap regulator.

Sehingga diharapkan regulator yang dibuat dan ditetapkan dapat bersifat adil untuk meningkatkan perekonomian Indonesia secara merata.

Halaman:

Editor: Reskia Ekasari


Tags

Terkait

Terkini

x