4 Cara Melamar Kerja Tukang Sapu Jalanan dan Informasi Gaji

- 17 Juni 2022, 14:55 WIB
Ilustrasi tukang sapu.
Ilustrasi tukang sapu. /Pixabay.com/MabelAmber/

Jika ingin mendapatkan pekerjaan namun dengan persyaratan yang tidak terlalu susah, kamu bisa melamar menjadi tukang sapu jalanan. Tapi, ada masalah yang sering terjadi. Masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara melamar kerja tukang sapu jalanan

Padahal, cara untuk melamar kerja menjadi tukang sapu jalanan sangat mudah. Cukup tunggu ada informasi lowongan kerjanya, kemudian kamu bisa langsung datang ke tempat yang sedang membuka lowongan kerja. Biasanya, pihak yang membuka lowongan adalah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di daerah setempat. 

Jangan lihat bagaimana pekerjaannya. Gaji tukang sapu jalanan itu bisa lebih besar dari tenaga honorer, loh. Bahkan ada informasi yang mengatakan kalau tukang sapu jalanan, bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp 1.680.319 – Rp 4.125.088. Cukup besar, bukan? 

Nah, bagi kamu yang memang ingin melamar jadi tukang sapu jalanan, kami akan menyediakan langkah-langkah untuk melamar secara lengkap. 

Cara Melamar Kerja Tukang Sapu Jalanan

Ada yang menarik jika kamu ingin memanfaatkan loker dinas kebersihan untuk melamar jadi tukang sapu jalanan. Hal menarik tersebut, yakni dari segi persyaratannya. 

Menurut beberapa kabar, kamu bisa mendaftar hanya dengan ijazah SMP dan bahkan bisa tanpa ijazah sama sekali. Jadi, bagi siapapun yang ingin menjadi tukang sapu jalanan, kamu bisa langsung memasukkan lamaran. Adapun langkah-langkahnya yakni: 

1. Tunggu Informasi Lowongan Pekerjaan Tukang Sapu Jalanan

Langkah pertama untuk melamar pekerjaan jadi tukang sapu jalanan adalah dengan menunggu informasi lowongan kerja petugas kebersihan jalan raya. Jika memang masih belum ada, maka kamu harus bersabar dulu.

Biasanya, informasi mengenai lowongan kerja ini, akan datang dari orang-orang yang sebelumnya sudah bergabung jadi tukang sapu jalanan. Pembukaan lowongan kerja atau rekrutmen yang dilakukan, biasanya tidak diumumkan secara meluas. 

Maka dari itu, sangat disarankan untuk mencari teman atau siapapun orang yang ada dalam Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Saat ada lowongan, mereka akan memberikan informasinya. 

Halaman:

Editor: Reskia Ekasari


Tags

Terkait

Terkini

x